RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATEMATIKA SMP KELAS 9 SEMESTER 1 RPP 3
( RPP )
SEKOLAH
:
SMP Negeri 1 Sutojayan
MATA
PELAJARAN :
MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER
:
IX/1
ALOKASI
WAKTU : 4 X 40 MENIT
Standar Kompetensi
: 1.Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam
pemecahan masalah
Kompetensi Dasar :
1.3.
Menggunakan konsep kesebangunan segitiga
dalam pemecahan masalah
Indikator
: 1.3.1.Menghitung
panjang sisi sisi dua segitiga yang sebangun
1.3.2.Memecahkan masalah yang melibatkan
kesebangunan
A. Tujuan
Pembelajaran
1.Siswa dapat
menghitung panjang sisi sisi dua segitiga yang sebangun
2.Siswa dapat
memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan segitiga
B. Materi
Pembelajaran
1.
Menghitung panjang sisi dua segitiga yang sebangun
2. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan segitiga yang sebangun
Model :
Pembelajaran langsung
Pembelajaran kooperatif
Metode : Ceramah, tanya jawab
Diskusi, pemberian
tugas
D. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan
pertama
1. Pendahuluan
( 10 menit )
a. Apersepsi : Mengingat kembali cara
menentukan perbandingan sisi sisi dua segitiga yang Sebangun
Membahas
PR
b. Motivasi
: Menyampaikan
tujuan pembelajaran
Kegunaan
segitiga sebangun dalam kehidupan sehari hari
2. Kegiatan
Inti ( 65 menit )
- Dengan metode tanya jawab membahas cara menghitung panjang sisi dua segi-
tiga sebangun dengan memberikan contoh soal.
a.
Pada gambar di atas segitiga PRS sebangun dengan segitiga KLM
(i) Perbandingan sisi
PR = PS
= RS
KL KM LM
5
= 10
= RS
KL
8 12
(ii)
Panjang KL
5
= 10
KL 8
KL
= 8x5
10
KL = 4 cm
(iii) Panjang RS
10
= RS
8 12
RS
= 10x12
8
RS= 15 cm
b. Perhatikan gambar berikut B
5cm
D
15cm
A
- C
E
25cm
(i)
Apakah ADE
sebangun ABC
(ii) Jika sebangun tulislah perbandingan sisi yang bersesuaian
(iii) Jika panjang AD=15cm, AB=20cm, dan AC=25cm. Hitunglah
panjang
AE,DE,BC, dan CE
- Berdiskusi dengan teman sebangku, siswa mengerjakan lembar soal buatan guru guru memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan mengerjakan
- Meminta siswa untuk mengerjakan di papan tulis, siswa lain menanggapi Guru memberi bimbingan/arahan yang benar
- Siswa mengerjakan latihan soal di buku tugas
3. Kegiatan Penutup
( 5 menit )
- Siswa dan guru merefleksikan materi yang telah dipelajari
- Guru memberi tugas/PR
Pertemuan
kedua
1. Pendahuluan
( 10 menit )
a. Apersepsi
: Membahas PR
Mengingatkan kembali
konsep bangun yang sebangun
b. Motivasi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegunaan
segitiga sebangun dalam kehidupan sehari hari
2. Kegiatan
Inti ( 65 menit )
- Siswa secara berkelompok berdiskusi membahas tentang masalah yang berkaitan dengan dua segitiga yang sebangun .
- Guru membimbing siswa pada kelompok yang mengalami kesulitan
- Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan siswa lain menanggapinya
- Guru memberikan penegasan penyelesaian masalah yang tepat tentang kesebangunan segitiga.
- Siswa mengerjakan soal latihan secara individu seperti berikut :
Suatu
gedung memiliki bayangan 55m di atas tanah horizontal. Pada saat yang
sama, pohon yang tingginya 4m memiliki bayangan sepanjang
10m
a.
buatlah sketsa gambar keadaan di atas
b.
hitunglah tinggi gedung tersebut.
- Beberapa siswa mempresentasikan hasil kerjanya dan siswa lain menanggapinya
- Guru memberikan penegasan atas jawaban siswa.
3. Kegiatan Penutup
( 5 menit )
- Siswa membuat rangkuman
- Siswa dan guru merefleksikan materi yang telah dipelajari
- Siswa diberi tugas/PR
E .Alat, Bahan dan sumber Belajar
1. Buku Siswa
Matematika Kelas IX Edisi 2 Tahun 2008
2. Buku Sekolah
Elektronik (Wahyudin, Dwi Susanti)
E. Penilaian
Teknik :
tes tertulis
Bentuk instrumen : uraian
Instrumen
:
-
No.SOALASPEKSKOR1.Segitiga PQR dan STU sebangun P=T, Q=S,PQ=28cm, QR=20cm, RP=14cm, dan ST=4cma. gambarlah kedua segitiga di atasb. tuliskan perbandingan sisi sisi yang bersesuaianc. hitung panjang TU
Pemahaman konsep
202.
A D
B E CPada gambar di atas AB = 21 cm DE = 12 cm dan EC = 8 cm Hitunglah panjang BE
Penalaran dan komunikasi
30
3
Andi yang tingginya 170 cm berdiri pada jarak 4 meter dari sebuah pohon. Jika bayangan Andi 2 meter hitunglah tinggi pohonPemecahan masalah
50
Sutojayan,
12 Juli 2010
Guru Mata
Pelajaran
ISMIATI, S.Pd SUDARWOTO,
S.Pd SULAMI, S.Pd
NIP. 19590307 197903 2
001 NIP. 19630102
198901 1 001 NIP.19670711 199003 2 004
Mengetahui :
Kepala
SMP Negeri 1 Sutojayan
Drs.
HARJITO, M.Pd
NIP.
19651010 198903 1 020
Tidak ada komentar:
Posting Komentar