RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATEMATIKA SMP KELAS 9 SEMESTER 1 RPP 1
( RPP )
Sekolah : SMP
Negeri 1 Sutojayan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX/1
Alokasi
waktu : 4 x 40 menit
( 2 pertemuan)
Standar Kompetensi
: 1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
: 1.1 Mingindentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan
kongruen.
Indikator
: 1.1.1 Membedakan dua bangun datar sebangun atau tidak
sebangun dengan menyebut syaratnya.
1.1.2 Mengenali dan menyebut syarat dua bangun yang kongruen atau
tidak kongruen.
1.1.3 Menentukan panjang sisi yang belum diketahui dari dua bangun
yang kongruen atau dua bangun yang sebangun.
A. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengenali dua bangun yang kongruen atau tidak
kongruen;
2. Siswa dapat menyebut syarat dua bangun yang kongruen atau tidak
kongruen;.
3. Siswa dapat membedakan dua bangun datar sebangun atau tidak
sebangun dengan menyebut syaratnya;
4. Siswa dapat menentukan panjang sisi yang belum diketahui dari dua
bangun yang kongruen ;
5. Siswa dapat menentukan panjang sisi yang belum diketahui dari dua
bangun yang sebangun;
- Syarat dua bangun yang kongruen ( sudut dan sisi yang bersesuaian sama )
- Syarat dua bangun yang sebangun ( sudut dan perbandingan sisi yang bersesuaian sama )
- Menghitung panjang sisi yang belum diketahui dari dua bangun yang kongruen atua dua bangun yang sebangun.
- Dua bangun datar dikatakan sebangun jika memenuhi dua syarat berikut :
1). Panjang sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua bangun itu memiliki
perbandingan senilai.
2). Sudut-sudut yang bersesuaian dari kedua bangun itu sama besar.
- Dua bangun datar dikatakan kongruen jika memenuhi dua syarat berikut :
1). Sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang.
2). Sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.
C.
Metode Pembelajaran :
Pembelajaran
langsung dan kooperatif
D.
Langkah-langkah kegiatan ( 65 menit
)
Pertemuan pertama
:
- Pendahuluan ( 10 menit )
a.Apersepsi : Mengingatkan siswa tentang
jenis-jenis bangun datar
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.Motivasi : Mengaitkan materi yang
akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari.
- Kegiatan Inti : (60 menit)
- Guru menyajikan 3 gambar bangun datar ( trapesium siku- siku) dimana yang dua berukuran sama dan yang satu memiliki perbandingan yang sama.
- Siswa berkelompok dengan teman sebangkunya diminta mengukur besar sudut-sudut dan sisi-sisi yang bersesuaian. Beberapa kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusi dan ditanggapi oleh kelompok lain. Guru memandu jalannya diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
- Untuk mengecek pemahaman siswa, guru meminta siswa mengerjakan soal mengenai syarat dua bangun kongruen dan dua bangun sebangun.
- Kegiatan Penutup : (10 menit)
- Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran yang telah dipelajari;
- Guru memberikan tugas di rumah ( PR ).
Pertemuan
Kedua
- Pendahuluan ( 10 menit )
a.Apersepsi
: Siswa bersama guru membahas PR yang dianggap sulit oleh
siswa.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.Motivasi : Guru mengingatkan siswa
pentingnya menguasai materi, untuk mempelajari materi selanjutnya (
dua segitiga kongruen ).
- Kegiatan inti ( 60 menit )
- Guru menyajikan 2 bangun datar sebangun dengan ukuran beberapa sisi diketahui;
- Siswa berkelompok dengan teman sebangkunya untuk melengkapi pernyataan dalam menghitung panjang sisi-sisi yang belum diketahui. Beberapa kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusi dan ditanggapi oleh kelompok lain. Guru memandu jalannya diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.;
- Untuk megecek pemahaman siswa, guru meminta siswa mengerjakan soal sebagai tugas individu.
- Penutup ( 10 menit )
- Guru membimbing siswa untuk merangkum materi yang telah dipelajari.
- Guru memberikan tugas di rumah ( PR ).
E .Alat, Bahan dan sumber Belajar
1. Buku Cerdas Aktif Matematika (Ganesa Eksak)
F. Penilaian
Teknik : Tes lisan dan
tes tulis
Bentuk instrumen : Daftar pertanyaan dan soal
uraian
Instrumen :
1. Diketahui dua foto berukuran 2 x 3 cm dan 4 x 6 cm. Apakah dua
foto tersebut kongruen ? sebutkan alasanmu !
2.
18
cm
a. Apakah trapesium EFGH sebangun dengan trapesium TUVW
b. Tulislah sudut-sudut yang bersesuaian.
c. Tulislah perbandingan sisi-sisi yang
bersesuaian
3.
Hitunglah panjang : a. DE
b. EF
c. TW
4.
Jajargenjang ABCD kongruen
PQRS, tentukanlah panjang :
a. PQ c. PS
b. BC d. CD
PEDOMAN PENSKORAN
NO
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Tidak kongruen karena memiliki ukuran panjang dan lebar yang tidak
sama.
|
5
|
2
|
a. Sebangun karena memiliki sudut-sudut yang
bersesuaian sama besar dan sisi-sisi yang bersesuaian sebanding.
b. , , ,
c.
|
5
10
10
|
3
|
a. =
b.
c.
|
10
10
10
|
4
|
a.
b.
c.
d.
|
10
10
10
10
|
Sutojayan,
12 Juli 2010
Guru Mata
Pelajaran
ISMIATI, S.Pd SUDARWOTO,
S.Pd SULAMI, S.Pd
NIP. 19590307 197903 2
001 NIP. 19630102
198901 1 001 NIP.19670711 199003 2 004
Mengetahui :
Kepala
SMP Negeri 1 Sutojayan
Drs.
HARJITO, M.Pd
NIP.
19651010 198903 1 020
Tidak ada komentar:
Posting Komentar