RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATEMATIKA SMP KELAS 9 SEMESTER 1 RPP 2
(
RPP )
Sekolah : SMP
Negeri 1 Sutojayan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX/1
Alokasi
waktu : 10 x 40 menit
Standar
Kompetensi
: 1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar
: 1.2.
Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
Indikator
:
1.2.1 Mengenali dua Segitiga yang sebangun atau tidak sebangun dengan
menyebutkan syarat-syaratnya.
- Mengenali dua Segitiga datar yang kongruen atau tidak kongruen dengan menyebutkan syarat-syaratnya..
- Membuktikan dua segitiga yang kongruen
- Menentukan perbandingan sisi dua segitiga sebangun atau kongruen dan menghitung panjang sisinya yang belum diketahui.
A. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat Mengenali dua Segitiga yang sebangun atau tidak sebangun. Dengan menyebutkan syarat-syaratnya.
- Mengenali dua Segitiga yang kongruen atau tidak kongruen. dengan menyebutkan syarat-syaratnya.
- Siswa dapat Membuktikan dua segitiga yang kongruen
- Menentukan perbandingan sisi dua segitiga sebangun
Segitiga
-segitiga yang sebangun dan kongruen.
C.
Metode Pembelajaran :
Pembelajaran
Langsung , kooperatif
D.
Langkah-langkah kegiatan :
Pertemuan pertama :
- Pendahuluan ( 10 menit )
a.Apersepsi
: Salam ,
Senyum , Sapa .
Pengelolaan kelas antara lain menanyakan siswa
yang masuk dan yang tidak masuk, memperhatikan kebersihan lingkungan
dan papan tulis, mengkondisikan buku matematika sudah di meja, siap
dimulai pembelajaran.
b.Motivasi
: Menginformasikan
Kompetensi Dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam
kegiatan belajar mengajar pertemuan saat ini.
- Kegiatan Inti ( 60 menit )
Pertama
- Guru mengaitkan pengetahuan awal siswa dengan cara : siswa menyimak gambar yang terdapat pada Buku siswa Matematika Edisi kelas IX 2 tahun 2004.
Tugas
diskusi 1.2.1.a Halaman 9 Pemodelan Matematika (Terlampir).
- Guru memperhatikan kegiatan siswa yang menggambar pemodelan Matematika dan mengisi tabel pada lembar diskusi.
- Siswa dapat menggambar segitiga ABC dan segitiga KDS dengan besar sudut diketahui dan sama, tetapi ukuran sisinya tidak sama.
- Siswa dapat menuliskan pasangan sudut bersesuaian yang besarnya sama .
- Siswa dapat menuliskan sisi bersesuaian yang perbandingannya mempunyai nilai sama.
- Dengan bimbingan guru siswa menuliskan sifat dua segitiga sebangun(sifat ke-1)
”Jika pada dua segitiga sudut-sudut yang bersesuaian sama besar,
maka kedua segitiga itu sebangun dan perbandingna sisi yang
besesuaian sama”.
Tugas diskusi 1.2.1.b. Halaman 9 Pemodelan Matematika ( Telampir ).
- Guru memperhatikan kegiatan siswa yang menggambar pemodelan Matematika.
- Siswa dapar menggambar segitiga EKO dengan panjang sisi-sisinya diketahui.
- Siswa dapat menggambar segitiga UDA dengan panjang sisi-sisinya diketahui.
- Siswa dapat menuliskan perbandingan sisi bersesuaian yang sama.
- Siswa dapat mengukur dengan busur derajat dan menuliskan besaran ukuran sudut-sudut segitiga EKO dan segitiga UDO.
- Siswa menuliskan pasangan sudut yang bersesuaian yang sama besar.
- Dengan bimbingan guru siswa menuliskan sifat dua segitiga sebangun(sifat ke-2)
”
Jika pada dua segitiga perbandingan isi yang
besesuaian sama,maka kedua segitiga itu sebangun dan sudut-sudut yang
bersesuaian sama besar ”
Kedua
- Guru mempersilahkan siswa untuk membaca dan memperhatikan gambar-gambar yang ada pada bahan ajar Buku siswa MATEMATIKA Kelas IX edisi 2 tahun 2004 Tugas diskusi 1.2.1.c. halaman 22-24 (Terlampir). Guru memperhatikan kegiatan siswa dalam tugas diskusi .
- Siswa dapat menjawab pasangan sisi bersesuaian sama panjang dari hal. 22.dan dengan bimbingan guru dapat menyimpulkan syarat dua segitiga yang kongruen
Sifat 1 “ Dua segitiga akan kongruen jika ketiga sisi yang
bersesuaian sama panjang “. ( s , s , s ).
- Siswa dapat menjawab pasangan sisi bersesuaian sama panjang dan pasangan sudut bersesuaian sama besar dari hal. 22-23.dan dengan bimbingan guru dapat menyimpulkan syarat dua segitiga yang kongruen
Sifat 2 “ Dua segitiga akan kongruen jika dua sisi yang bersesuaian
sama panjang dan satu sudut bersesuaian yang diapit sama besar “ (
s , sd , s )
- Siswa dapat menjawab pasangan sudut bersesuaian sama besar dan pasangan sisi bersesuaian sama besar dari hal. 23-24.dan dengan bimbingan guru dapat menyimpulkan syarat dua segitiga yang kongruen
Sifat 3 “ Dua segitiga akan kongruen jika dua sudut yang
bersesuaian sama panjang dan satu sisi bersesuaian yang diapit sama
besar “ ( s , sd , s ).
- Kegiatan Penutup ( 10 menit )
- Guru membimbing siswa untuk mengingat kembali Syarat dua segitiga yang sebangun ( ada 2 sifat ) dan Syarat dua segitiga yang kongruen ( ada 3 sifat ).
- Secara perorangan diberi Tugas rumah 1.2.1 halaman 10 SOAL 1, halaman 28 no. 2 ( Terlampir ). Buku siswa MATEMATIKA Kelas IX edisi 2 tahun 2004 warna kuning hijau merah .
Pertemuan
Kedua
- Pendahuluan ( 10 menit )
a.Apersepsi
: Salam ,
Senyum , Sapa .
Pengelolaan kelas antara lain menanyakan siswa
yang masuk dan yang tidak masuk, memperhatikan kebersihan lingkungan
dan papan tulis, mengkondisikan buku matematika sudah di meja, siap
dimulai pembelajaran.
Membahas
Tugas rumah
1.2.1. halaman
10 SOAL 1, halaman 28 no. 2
( Terlampir ).
Buku siswa MATEMATIKA Kelas IX edisi 2 tahun 2004 warna kuning hijau
merah
b.Motivasi :
Menginformasikan
Kompetensi Dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam
kegiatan belajar mengajar pertemuan saat ini.
- Kegiatan Inti ( 65 menit )
- Siswa berkelompok antara 3-4 mendiskusikan tugas, setiap kelompok menerima Lembar Tugas diskusi 1.2.2. (terlampir) halaman 29 nomor 3 dan halaman 30 nomor 6 dan 7 Buku siswa MATEMATIKA Kelas IX edisi 2 tahun 2004 (warna kuning hijau merah), guru memantau jalannya diskusi , bantuan secukupnya diberikan pada kelompok yang mengalami kesulitan.
- Perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan / menuliskan hasilnya di papan, kelompok lain memperhatikan langkag-langkah dan kebenaran hasilnya
- Kelompok lain siap untuk membenahi, bila ada langkah atau hasil yang belum benar.
- Guru mengamati dan membimbing seperlunya.dan mengajak siswa untuk memberi hadiah dengan tepuk tangan bagi yang telah menyelesaikan dengan benar.
3. Kegiatan
Penutup (
5 menit )
- Guru membimbing siswa untuk mengingatkan kembali Syarat dua segitiga yang kongruen ( ada 3 sifat ).
- Secara perorangan diberi Tugas rumah 1.2.2 halaman 30 no. 10, halaman 31 no.12 ( Terlampir ). Buku siswa MATEMATIKA Kelas IX edisi 2 tahun 2004 warna kuning hijau merah .
Pertemuan
Ketiga
1. Pendahuluan
( 15 menit )
- Salam , Senyum , Sapa .
- Pengelolaan kelas antara lain menanyakan siswa yang masuk dan yang tidak masuk, memperhatikan kebersihan lingkungan dan papan tulis, mengkondisikan buku matematika sudah di meja, siap dimulai pembelajaran.
- Membahas Tugas rumah 1.2.1. halaman 10 SOAL 1, halaman 28 no. 2 ( Terlampir ). Buku siswa MATEMATIKA Kelas IX edisi 2 tahun 2004 warna kuning hijau merah
- Menginformasikan / menuliskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam kegiatan belajar mengajar pertemuan saat ini.
- Kegiatan Inti ( 60 menit )
Pertama ( 20 menit )
- Siswa berkelompok antara 3-4 mendiskusikan tugas, setiap kelompok menerima Lembar Tugas diskusi 1.2.2. (terlampir) halaman 29 nomor 3 dan halaman 30 nomor 6 dan 7 Buku siswa MATEMATIKA Kelas IX edisi 2 tahun 2004 (warna kuning hijau merah), guru memantau jalannya diskusi , bantuan secukupnya diberikan pada kelompok yang mengalami kesulitan.
- Perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan / menuliskan hasilnya di papan, kelompok lain memperhatikan langkag-langkah dan kebenaran hasilnya
- Kelompok lain siap untuk membenahi, bila ada langkah atau hasil yang belum benar.
- Guru mengamati dan membimbing seperlunya.dan mengajak siswa untuk memberi hadiah dengan tepuk tangan bagi yang telah menyelesaikan dengan benar.
.
Kedua ( 40 menit )
- Siswa berkelompok antara 3-4 mendiskusikan tugas, setiap kelompok menerima Lembar Tugas diskusi 1.2.3.b. halaman 13, no.3 (terlampir)., guru memantau jalannya diskusi , bantuan secukupnya diberikan pada kelompok yang mengalami kesulitan
- Perwakilan diantara kelompok tersebut menulis di papan untuk mempresentasikan hasil yang di peroleh.
- Kelompok lain memperhatikan langkah-langkah dan hasilnya dan siap untuk membenahi, bila ada langkah atau hasil yang belum benar.
3. Kegiatan Penutup ( 5
menit )
- Guru membimbing siswa untuk mengingatkan kembali Syarat dua segitiga yang kongruen ( ada 3 sifat ).
- Secara perorangan diberi Tugas rumah 1.2.2 halaman 30 no. 10, halaman 31 no.12 ( Terlampir ). Buku siswa MATEMATIKA Kelas IX edisi 2 tahun 2004 warna kuning hijau merah .
- Salam senyum
E .Alat, Bahan dan sumber Belajar
- Buku Siswa Matematika Kelas IX Edisi 2 Tahun 2008 Halaman.8-10 Dan Halaman 22-24,28
- Buku Lain Yang Relevan ( Lks Merpati )
- Buku Siswa Matematika Kelas IX Edisi 2 Tahun 2008 Halaman.8,9,10 Dan Halaman Aa,12,13,14 ,15
F.
Penilaian
Teknik : tes tertulis
Bentuk instrumen : uraian
Instrumen
:
- PEMAHAMAN KONSEP
- Perhatikan gambar di samping !
- Tulislah sudut-sudut bersesuaian yang sama besar! ( nama sudut dituliskan dengan tiga huruf )
- Tulislah dua segitiga yang sebangun!
- Tulislah perbandingan sisi-sisi bersesuaian yang sama !
Perhatikan
gambar di samping !
- Tulilah pasangan sudut yang sama !
- NGA dan MTR sebangun atau kongruen ?
- Tulislah alasan dari jawabanmu !
KUNCI
JAWABAN DAN PENSKORAN
SKOR
3
2
3
1
3
3
- PEMAHAMAN KONSEP
1 a.
UVT =
URS ;
UTV =
USR dan
VUT =
RUS
b. Dua segitiga yang sebangun adalah
Segitiga UVT dan segitiga URS
c. Perbandingan sisi yang bersesuaian yang sama adalah
2 a.
NGA kongruen dengan
MTR
b. Karena Dua sudut yang bersesuaian dari kedua segitiga tersebut
sama
besar dan sisi yang
terapit sama panjang
c.
ANG =
RMT ;
AGN = RTM
dan NG = MT
15
x 2/3 = 10
Sutojayan,
12 Juli 2010
Guru Mata
Pelajaran
ISMIATI, S.Pd SUDARWOTO,
S.Pd SULAMI, S.Pd
NIP. 19590307 197903 2
001 NIP. 19630102
198901 1 001 NIP.19670711 199003 2 004
Mengetahui :
Kepala
SMP Negeri 1 Sutojayan
Drs.
HARJITO, M.Pd
NIP.
19651010 198903 1 020
Tidak ada komentar:
Posting Komentar